17 Des 2013

buanalang2

Melancong (lang-lang buana) adalah hobi yang sangat menyenangkan, apalagi bisa mengunjungi tempat-tempat indah yang tidak semua orang bisa mencapainya. Selain bisa menambah pengetahuan dengan mengunjungi tempat-tempat baru, jalan-jalan juga bisa mengurangi dan bahkan bisa menghilangkan stress atau kepenatan setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Seorang pelang-lang sejati bukan diukur dari banyaknya foto di album facebook atau seringnya update status di sosial media, tetapi seorang pelang-lang sejati adalah orang yang punya banyak pengalaman tentang suatu tempat dan bagaimana dirinya dapat berbagi pengalaman dari setiap perjalanannya untuk orang lain. Selain bercerita pengalaman soal indah dan bagusnya suatu tempat juga dapat berbagi pengalaman persiapan menuju suatu tempat misalnya dengan menginformasikan perihal moda transportasinya
.
 Terlebih memberi tahu rute terbaik yang bisa ditempuhnya sehingga sangat berguna informasinya bagi pelang-lang lain.

Sebagai seorang pelang-lang sejati harus cerdas dalam memilih, menentukan dan menghitung budget setiap kunjungan, apabila salah hitung bisa-bisa bukannya bersenang-senang malah menjadi stress karena budget yang membengkak atau barang bawaan yang terlalu banyak. Sehingga yang didapatkan malah sebaliknya.

Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya anda simak beberapa tips berikut ini:

Mencari Informasi
Sebelum memulai ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tentang tempat yang menjadi minat anda untuk dituju, baik dari teman, majalah ataupun internet. Misalnya saja informasi tempat menarik, hotel, transportasi, tempat makan dan pusat suvenir. Niatkan untuk membuat catatan perjalanan anda sehingga dapat membantu pelang-lang lain.

Lengkapi dengan Peta
Sebagai orang asing, peta adalah penolong karena dapat membantu anda untuk menentukan tujuan dan arah perjalanan anda. Dengan peta, minimal bisa menjadi acuan atau rujukan rute-rute jalan yang akan dilalui bahkan nama-nama daerah yang belum anda ketahui bisa dikenal melalui peta.

Cara Menuju ke Tempat Tujuan
Tentukan cara paling tepat untuk mencapai tempat tujuan, jangan karena salah memilih transportasi bisa membuat rencana perjalanan anda berantakan. Untuk tempat-tempat yang asing artinya belum sekalipun anda mendatanginya, alangkah lebih baik dan aman apabila anda menyewa kendaraan (mobil/sepeda motor/sepeda). Sehingga anda bisa lebih tahu daerah tersebut dan lagi bisa mengefektifkan waktu melang-lang.Bagi anda yang punya budget lebih sewalah mobil beserta supirnya, tapi jika budget anda minim gunakan transportasi umum atau dengan cara hitch-hiker(nebeng)

Persiapkan Akomodasi
Setelah mendapatkan informasi tentang akomodasi, segera tentukan dimana anda akan menginap dan berapa lama harus disesuaikan dengan budget yang anda punya. Apabila didaerah tersebut tidak tersedia hotel atau motel, sebagai pelancong sejati, anda bisa menumpang di rumah-rumah penduduk. Tentunya dengan terlebih dahulu meminta izin penghuninya dengan cara mengenalkan diri terlebih dahulu serta mengutarakan maksud dan tujuan anda.

Barang Bawaan
Pelang-lang sejati pasti akan membawa barang secukupnya. Jangan membawa barang berharga dan sesuaikan barang bawaan anda dengan tempat yang anda tuju. Bawa pula obat-obatan pribadi anda dalam satu tempat dengan uang receh, kartu identitas, tiket dll atau tempat yang kecil dan mudah untuk dibawa-bawa.


Berpikir Positif
Selalu bersikap/berpikir  positif setiap perjalanan yang anda tuju, sikap ramah sangat diperlukan sebagai seorang pelang-lang agar semua perjalanan anda tetap menyenangkan. Jadi, mulai sekarang belajarlah menjadi pelang-lang sejati yang cerdas dan penuh persiapan, karena melang-lang buana memiliki spektrum yang sangat luas, tidak ada benar atau salah dalam
traveling.


Selain tips-tips diatas, ada beberapa ekpresi atau kalimat yang harus dijaga agar supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan penduduk lokal. Bahkan jika anda sama sekali tidak memahami bahasa setempat, berbicaralah menggunakan frase-frase sederhana dengan logat daerah setempat. Selamat menjelajahi Indonesia dan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar